Taman Sota
Taman Sota
Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya mengenai dimana Taman Sota berada. Ya, Taman Sota merupakan salah satu tempat wisata di Marauke, Papua. Taman ini berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini.
Sebenarnya tidak ada yang begitu istimewa pada taman ini. Namun demikian, keberadaan taman ini memiliki pengaruh yang cukup besar bagi Negara kesatuan Indonesia karena merupakan daratan terakhir Indonesia di bagian Timur.Taman yang terletak 80 KM dari Marauke ini kondisinya sangat sederhana sekali. Suasananya pun terasa cukup nyaman. Selain memiliki tugu perbatsan, taman ini juga memiliki beberapa pondok yang bergaya Honai. Pondok Honai sendiri merupakan rumah adat Papua yang berbentuk kubah dan beratap jerami.
Pada salah satu sudut taman, para pengunjung akan menemukan Musamus. Musamus merupakan sarang semut yang bentuknya seperti bangunan unik layaknya sebuah tugu dengan ketinggan sekitar dua meter. Musamus memiliki arti tersendiri bagi warga Marauke. Bangunan ini dianggap sebagai simbol keberhasilan dari sebuah perjuangan yang dilakukan oleh kalangan rakyat kecil. Selain di area perbatasan tersebut, Musamus juga banyak dijumpai di beberapa spot di Taman Nasional Wasur dengan ukuran yang beragam, dari mulai beberapa centimeter hingga 3 meter.
Untuk menuju Sota dan menyaksikan uniknya rumah semut, wisatawan dapat terbang ke Merauke dengan Merpati Nusantara Airlines, dengan jadwal penerbangan 3 kali seminggu.
http://www.pariwisataindonesia.net/