January 2014

2014 About Film About Iguana Accessories Hamster Afghan Hound agama akhlak akita inu Aksesoris Anjing Aksesoris Kucing Alamat Alasan alaskan malamut american bully American Cocker Spaniel american pit bull terrier Anak Anak Hamster android Aneka Jual Cupang Aneka Varian Hamster animal Anime anjing anjing kawin aquaspace Arwana Arwana Golden Red Avatar Hamster Bagaimana Barang Murah basenji basset hound beagle Bedding belajar beo berita berita dunia Berita Pagi berita unik beruang Betta bichon frise Billboard Biografi bird birman Black Platinum blackberry Blog Terbaik Blogger Bluefawn border collie Botak Botol Hamster Bouquet Budaya dan Kesenian budidaya Buku Panduan Buku Panduan Hamster Buku Pertanyaan bulldog Bulu burmese Businesses cacing sutra Cake Cup Campbeli Flip Flop Campbell Campbell Albino Campbell Albino Satin Campbell Argente Campbell Argente Mottled Campbell Argente Mottled Satin Campbell Argente Platinum Campbell Argente Platinum Satin Campbell Argente Satin Campbell Black Campbell Black Mottled Campbell Black Panda Satin Campbell Black Platinum Campbell Black Platinum Satin Campbell Black Satin Campbell Blue Campbell Blue Mottled Campbell Blue Mottled Satin Campbell Blue Platinum Campbell Blue Platinum Satin Campbell Blue Satin Campbell BlueFawn Campbell Bluefawn Mottled Campbell Bluefawn Mottled Satin Campbell Bluefawn Platinum Campbell Bluefawn Platinum Satin Campbell Bluefawn Satin Campbell Delute Campbell Delute Satin Campbell Dove Campbell Dove Mottled Campbell Dove Mottled Satin Campbell Dove Platinum Campbell Dove Platinum Satin Campbell Dove Satin Campbell Flip Flop Campbell Lilac Campbell Lilac Mottled Campbell Lilac Mottled Satin Campbell Lilac Platinum Campbell Lilac Platinum Satin Campbell Lilac Satin Campbell Mosaic Campbell Mozaik Campbell Normal Campbell Normal Mottled Campbell Normal Mottled Satin Campbell Normal Platinum Campbell Normal Platinum Satin Campbell Normal Satin Campbell Opal Campbell Opal Mottled Campbell Opal Mottled Satin Campbell Opal Platinum Campbell Opal Platinum Satin Campbell Opal Satin Campbell Panda cara melatih anjing Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Cat Show Celepuk cerita Cerita Daerah Chow-chow cihuahua Ciri-ciri ciri-ciri mamalia Colubrid Computer Contact Person Cooking Corn Snake countdown countdown. film Cowok Culture Cup Cake Cupang Curhat dachshund Dagelan dalmatian desain Design diet Disney Ditinggal Dititipkan doberman Domain Murah Dove Download Lagu Terbaru Dudukan Botol Dudukan Botol Hamster ekonomi Ekonomi Islam Entrepreneur Facebook fakta faktor Fashion Film Financial Fish fisik anjing followers Freelance freshwaterfish Friends Gadget gajah Galeri Gallery Gallery Hamster Gallery Ikan Cupang Games Games 2014 Games December 2013 gantungan kunci gaza Gecko gejala gerbil german shepherd. herder Gex global Go Green golden retriever Goresan Pemikiran great dane Grosir Hamster Grosir Jambi Guinea Pig Guppy Guppy Fish habbit Hadiah Hamster Hamster Berantem Hamster Cage Hamster Campbell Hamster dan Anak Kecil Hamster Food Hamster Hamil Hamster Indonesia Hamster Info Hamster Jambi Hamster Jelly hamster lahiran Hamster Langka Hamster Lover HAMSTER LOVER JAMBI Hamster Mini Hamster Murah Hamster Pemula Hamster Rare Hamster Winter White Hamster Winter White Pearl Red Eyes Handphone harimau Harus Hastag Health Hewan Unik Hibah Hijab Hobby Dan Bisnis Ikan Ikan Cupang ikan hias Ilmiah Inclusion Body Disease Indonesia Induk Info Info Anime Info Burung Hantu Info Burung Indonesia info fish indonesia Info Gecko Info Guppy Info Hamster Lover Info Iguana Info Jambi Info Kura - Kura info mamalia indonesia Info Reptile info unik Informasi Teknologi Informatika Inspirasi Inspire Internet islam jack russel terrier Jambi Jamtos jamur jangkrik jenis Jenis Gecko Jika Job Job Online Jogging Ball Jogging Wheel Jual Jual Guppy Jual Hewan Peliharaan Jual Kucing Jual Mobil Jual Reptile Jual Rumah Jual Sugar Glider Jual-Beli kakak tua Kandang kandang anjing Kandang Burung Kandang Hamster Kandang Kelinci Kandang Kucing Kanibal karakteristik mamalia Kaskus katak kcerdasan dan tingkah laku anjing Keajaiban Dunia kecantikan Kelinci Keluar keluarga Kematian Hamster kenari Kesalahan kesehatan King Snake kintamani Kisah dan Cerita Lucu komputer Kota kroto Kuaci kucing Kucing Persia kuda Kue kura-kura labrador retriever lama hidup anjing Lampion Lampu Bulb Landak Mini lele Lhasa Apso Life Style Lilac LOL Lomba Berhadiah Lomba Template Blog Terbaik 2014 LoveBirds Lowongan Kerja macam-macam hewan mamalia macan Makan Makanan makanan anjing Makanan dan Kesehatan Makanan Hamster Makanan Racikan makanan yang dilarang untuk anjing maltese mamalia hewan yang menyusui Marketing marmut mata memelihara anjing Mengapa mengenal anjing Merak Mini Games Miniature Pinscher Miniature Schnauzer misteri Monopohon Snake monyet Motivasi Motivation Movies Murah Music My Family My Galery My Pets My Sweet Story Home Naruto Negeri New Item News Olahraga Opal orangutan organ otomotif out of topic Padang Pajak pakan ikan Palembang pancasila Panda papillon Pasir Zeolite pekingese Pembroke Welsh Corgi Pemelihara Pemula Penanganan pendidikan Pengembangan Diri pengetahuan Pengumuman Kuis Penyakit penyakit anjing Penyebab Kematian Hamster perawatan Perawatan Iguana percintaan Pergi Perlengkapan Hamster Personality Test Pertolongan Photograph Photoshop Piala piala dunia Piala Jambi Piala Murah Politik pomeranian poodle Pray For Indonesia Profil Usaha program Promo puasa pug Quiz and Games Quote ragam ragdoll Rainbow Cake ramalan ras anjing murni Recommended Article reproduksi mamalia Resep Kue Result Robocop Roborovski Roborovski Normal Roborovski Pied Mottled Roborovski White Face Roborovsky Roborovsky Normal Roborovsky White Face Rontok Rottweiler Rough Collie Rujukan runa rusa Sahabat Ilmu Jambi saint bernard Sakit saluki samoyed Sayembara Scottish Terrier Selamat Idul Fitri Seminar Seputar Hamster Serbuk Jati shar pei Shetland Sheepdog shiba inu shih tzu siam Siang siberian husky singa Skipsi smartphone Smartphone Gratis Snake somali Sovenir Sports Strain Hamster Sugar Glider Suka Sumatra Barat Sumatra Selatan Super Red Syrian Syrian Long Hair Syrian Short Hair Tahukah Kamu?? Tanda tarantula Tart Telopia Teman Tempat Nongkrong Termahal ternak Terrarium Terrier Tibet Tidur Tiket Pesawat tikus putih Tips and Tricks tips hidup sehat tips unik tonkinese toxoplasma Trick Trophy Tropi Tropy tubuh Tugas Sayembara II twitter Uang Langka ular Ular Boa Constrictor ulat hongkong Url Usia Hamster Siap Kawin Vitamin Hamster Wadah Makan West Highland White Terrier Winter White Winter White Blue Argente Winter White Golden Black Eyes Winter White Golden Red Eyes Winter White Pearl Black Winter White Pearl Red Eyes Winter White Pearl Yellow Line Winter White Shapire Winter White Tiger Winter White Violet Wisata world cup Yorkshire Terrier Zakat

Present: Games Find Me!! 

Gak terasa ni bentar lagi udah mau tahun 2014..
Nah, RHR ngadain games 10 hari hingga akhir tahun nanti...

Nama Games nya "FIND ME!!"
atau yang ngak mengerti artinya itu kita2 "CARI AKU!!" hhee//
Jadi begini,, ada 100 Hamster Ane yang lepas nii...
Mereka bersembunyi di Blog ane... >> www.RumaHamsteRikky.blogspot.com

Jadi ane minta bantuan agan2 untuk mencari Mereka ^^

atau untuk lebih jelasnya baca penjelasannya dibawah ini!!

Secara umum, navigasi untuk pindah halaman di blogspot biasanya menggunakan link dengan teks "Older Posts (posting lama)" dan "Newer Posts (posting baru)". Beda dengan wordpress yang navigasinya bisa berbentuk angka sehingga bisa memudahkan untuk loncat beberapa halaman ke postingan yg lama maupun baru.
Nha trik kali ini akan menjelaskan bagaimana cara mengganti link "Older Posts (posting lama)" dan "Newer Posts (posting baru)" menjadi angka seperti gambar di bawah ini


1. Langkah awal tentu saja harus menuju ke desain template anda kemudian ke "Edit HTML" 
2. setelah itu cari kode ini ]]></b:skin> kalo sudah ketemu taruh script dibawah ini sebelum kode tersebut
.showpageArea a {
text-decoration:underline;
}
.showpageNum a {
text-decoration:none;
border: 1px solid #cccccc;
margin:0 3px;
padding:3px;
}
.showpageNum a:hover {
border: 1px solid #cccccc;
background-color:#cccccc;
}
.showpagePoint {
color:#333;
text-decoration:none;
border: 1px solid #cccccc;
background: #cccccc;
margin:0 3px;
padding:3px;
}
.showpageOf {
text-decoration:none;
padding:3px;
margin: 0 3px 0 0;
}
.showpage a {
text-decoration:none;
border: 1px solid #cccccc;
padding:3px;
}
.showpage a:hover {
text-decoration:none;
}
.showpageNum a:link,.showpage a:link {
text-decoration:none;
color:#333333;
}


3. setelah itu cari kode ini </body> kemudian taruh script dibawah ini sebelum kode tersebut.

<!--Page Navigation Starts-->
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<script type='text/javascript'> 
var pageCount=5; 
var displayPageNum=5; 
var upPageWord =&#39;Previous&#39;; 
var downPageWord =&#39;Next&#39;; 
</script> 
<script src='http://bloggergadgets.googlecode.com/files/blogger_pagenavi_min.js' type='text/javascript'/> 
</b:if> </b:if> 
<!--Page Navigation Ends -->


Kalau sudah silahkan dilihat hasilnya.


sumber : http://trik-tips.blogspot.com/

Karena sering ditanya tentang bagaimana caranya membuat Tab VIew (Biasanya nanyanya gini: "Mas cara membuat menu yg kayak punya mas gmn? yg ada "Tips & Trik", "Lain-lain", "Terbaru", "Komentar" itu lho). Ya kan? hayo ngaku... Tabview itu sangat berguna sekali, karena dengan ukuran kotak yang relatif kecil tapi bisa memuat isi yang buanyak. Sebenarnya dah dari dulu pingin posting tentang itu, tp karena yg dulu cara pasanganya sulit jadi belum bisa aku jelaskan. Trus akhirnya aku menemukan metode baru dalam pembuatannya. Cara yang ini mungkin mirip dengan punyanya o-om, tp scriptnya agak beda. Dan aku dapet script ini juga bukan dari o-om lho :D
Tab view itu contohnya seperti ini :




Beginilah cara untuk membuat menu tab view tersebut

1. Login ke blogger trus pilih menu "Layout --> Edit HTML"
2. Kemudian cari kode ini ]]></b:skin>
3. Kemudian masukkan kode berikut ini sebelum kode ]]></b:skin>atau kedalam tag CSS.

div.TabView div.Tabs
{
height: 24px;
overflow: hidden;
}
div.TabView div.Tabs a
{
float: left;
display: block;
width: 90px; /* Lebar Menu Utama Atas */ text-align: center;
height: 24px; /* Tinggi Menu Utama Atas */
padding-top: 3px;
vertical-align: middle;
border: 1px solid #000; /* Warna border Menu Atas */
border-bottom-width: 0;
text-decoration: none;
font-family: "Times New Roman", Serif; /* Font Menu Utama Atas */
font-weight: 900;
color: #000; /* Warna Font Menu Utama Atas */
}
div.TabView div.Tabs a:hover, div.TabView div.Tabs a.Active
{
background-color: #FF9900; /* Warna background Menu Utama Atas */
}
div.TabView div.Pages
{
clear: both;
border: 1px solid #6E6E6E; /* Warna border Kotak Utama */
overflow: hidden;
background-color: #FF9900; /* Warna background Kotak Utama */
}
div.TabView div.Pages div.Page
{
height: 100%;
padding: 0px;
overflow: hidden;
}
div.TabView div.Pages div.Page div.Pad
{
padding: 3px 5px;
}


4. Perhatikan text-text yang berwarna merah, itu adalah keterangan untuk pengaturan Tab View. Ada ukuran warna dll. Untuk mengetahui kode2 warna silahkan lihat DISINI
5. Langkah selanjutnya yaitu pasang kode berikut ini sebelum kode</head>

<script src='http://kendhin.googlepages.com/tabview.js' type='text/javascript'/>


6. Kemudian "Di save"
7. Lalu pergi ke menu "Page Elements"
8. Trus PIlih "Add a Gadget" --> "HTML/Javascript" di tempat yg akan km letakkan Manu Tab View ini.
9. Inilah script yg harus kamu pasang :


<form action="tabview.html" method="get">
<div class="TabView" id="TabView">
<div class="Tabs" style="width: 350px;">
<a>Tab 1</a>
<a>Tab 2</a>
<a>Tab 3</a>

</div>
<div class="Pages" style="width: 350px; height: 250px;">

<div class="Page">
<div class="Pad">
Tab 1.1 <br />
Tab 1.2 <br />
Tab 1.3 <br />

</div>
</div>

<div class="Page">
<div class="Pad">
Tab 2.1 <br />
Tab 2.2 <br />
Tab 2.3 <br />

</div>
</div>

<div class="Page">
<div class="Pad">
Tab 3.1 <br />
Tab 3.2 <br />
Tab 3.3 <br />

</div>
</div>


</div>
</div>
</form>

<script type="text/javascript">
tabview_initialize('TabView');
</script>


Keterangan :
- Angka2 atau text yang berwarna biru (350px) adalah ukuran tinggi dan lebar tabview.
- Kode yang berwarna Hijau Adalah text yang di Menu utama (Menu Atas).
- Kode yang berwarna merah adalah isi dari tabvie tsb. Kamu bisa mengisinya dengan link, gambar, banner, script dll.
- Untuk menmbahkan jumlah menu maka perhatikanlah text yang berkedip2. tambahkan menu tersebut dibawahnya.


sumber : http://trik-tips.blogspot.com/

Perlu gak sih mengganti title/judul blog dengan title postingan?
Title blog biasanya berada didepan title postingan. Seperti yang dulu aku bilang, mengoptimalkan title itu akan mempengaruhi dalam membuat blog kita berada dalam top rank hasil pencarian search engine. Nha jika kamu menggunakan trik mengganti title blog kamu dengan title postingan maka hal itu akan lebih bagus lagi buat masuk ke jajaran depan search engine.

Bener gak sih?

Dulu ketika aku belum pake trik ini, ketika aku mencari di google dengan keyword "Cara Membuat Search Engine" maka hasilnya adalah sepeti ini:



Tapi sekarang ketika aku terapkan trik ini maka hasilnya menjadi seperti ini :



Nha tentunya orang akan lebih suka untuk memilih mengklik hasil seperti pada gambar yang kedua daripada gambar yang pertama, ya kan? dan kalo menurut yang ahli dalam SEO (Search Engine Optimization) katanya cara ini akan membuat blog kita menjadi lebihSearch Engine Friendly. OK bagi yang pingin mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke "Layout-->>Edit HTML
2. Cari kode ini ;

<title><data:blog.title/></title>

( letaknya dibagian atas)

3. Kalo sudah ketemu ganti dengan kode berikut ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>


4. Trus simpan.

Untuk halaman utama titlenya akan tetap title blog. tapi jika km coba buka salah satu postinganmu maka nanti title postingmu akan menjadi title blogmu.

sumber : http://trik-tips.blogspot.com/



Saat membentuk sebuah tim virtual, ingatlah bahwa tidak semua orang cocok untuk melakukan pekerjaan secara virtual. Jiwa entrepreneurship, inisiatif dan ketrampilan teknis yang mumpuni penting untuk seorang pekerja virtual untuk bisa bekerja dengan maksimal, berikut ini perlu diperhatikan:
1. Kepuasan diri. Pekerja virtual tidak mampu berkomunikasi dengan mudah dengan rekannya yang berada di lokasi lain. Mereka harus mampu menolerir ambiguitas yang bisa mencakup semua hal dari email yang diterima yang mungkin dianggap negatif sampai tidak bisa mengetahui detil proyek sebagaimana rekannya yang lain yang bekerja di kantor.
2. Ketrampilan komunikasi. Pekerja virtual harus mengekspresikan diri mereka dengan baik dan memperbarui dokumen proyek dengan cepat dan konsisten. Jarak dan perbedaan waktu merupakan kendala yang tidak terhindarkan saat bekerja dari jarak jauh. Tidak ada ruang untuk konflik pribadi atau menahan informasi.
3. Koneksi. Semua pegawai, baik yang bekerja di kantor dan dari tempat lain, harus merasa terhubung dengan yang lain dalam perusahaan. Untuk kekompakan tim virtual Anda, pilihlah orang-orang yang bisa bergerak dengan inisiatif sendiri yang bisa melibatkan satu sama lain dengan mudah. (ap)


(Image credit: rhstrategic.com)
Dengan pengalamannya selama lebih dari 30 tahun dalam dunia teknologi, Maynard Webb yang menduduki posisi sebagai anggota dewan direksi SalesForce.com mengatakan bahwa meluncurkan produk itu sangat mudah. Namun, jika Anda ingin produk yang diluncurkan itu sukses, tantangannya lebih besar. Anda harus benar-benar mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para konsumen, demikian kata Webb yang pernah menjabat sebagai Chief Operational Officer eBay.
Mengenai tahapan yang harus dijalani sebuah produk agar sukses di pasar, Webb mengatakan,"Semua itu bergantung pada jenis produk yang akan diluncurkan. Jika itu sebuah aplikasi yang Anda buat di waktu senggang di akhir pekan, Anda bisa meluncurkannya dan mengujinya di pasar untuk mengetahui respon nyata konsumen di pasar. Seperti itulah yang saya dulu lakukan saat turut mendirikan eBay. Dalam waktu 4 hari website kami sudah bisa diakses,"ujarnya.
Hal sebaliknya jika Anda meluncurkan produk di bidang hardware, misalnya. Anda harus berjuang lebih keras dan sabar karena persiapannya akan membutuhakn waktu dan tenaga yang lebih banyak. "Bahkan bisa ebrtahun-tahun untuk itu,"tegas Webb.
Lalu terkait dengan peran CEO terkait dengan persiapan dan peluncuran produk, idealnya seorang CEO harus mengetahui seluk beluk produknya karena itulah yang akan dijual oleh perusahaannya.
Faktor lain yang tak kalah penting ialah bagaimana menentukan waktu peluncuran produk yang tepat! Jangan sampai salah memilih waktu peluncuran yang kurang baik. (bloomberg/ap)
sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/


Para entrepreneur bisa banyak belajar dari cara-cara yang dipakai para desainer untuk memecahkan masalah dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang lebih efektif.
Para desainer sukses menemukan ide-ide segar mereka dalam kondisi dan tempat yang banyak orang pikir membosankan.
Berikut adalah 4 langkah untuk menemukan sesuatu yang orisinal dalam kondisi yang biasa atau membosankan:
  1. Bertanya. Jangan hanya bertanya dengan pendekatan yang sudah banyak digunakan. Lontarkan pertanyaan-pertanyaan yang belum banyak orang angkat atau berani tanyakan tetapi penting sekali menurut Anda. Dengan demikian Anda bisa menelisik lebih jauh dan mendalam mengenai dasar-dasar bisnis dan produk Anda.
  2. Peduli. Kepedulian bukan berarti Anda harus memberikan layanan pelanggan yang di atas standar. Kenali para pelanggan lebih dekat. Pelajari bagaimana mereka hidup sehingga Anda bisa menggunakan pengetahuan itu untuk membuat hidup mereka lebih nyaman dan mudah dengan menggunakan produk dan jasa Anda.
  3. Bangun jaringan bisnis. Temukan cara-cara untuk membawa konsep-konsep, orang-orang dan produk-produk yang berbeda ke dalam satu diskusi bersama. Banyak terobosan yang hebat dihasilkan karena mampu menggabungkan sejumlah ide dan konsep yang sudah ada sebelumnya.
  4. Berikan komitmen. Wujudkan ide Anda secepat mungkin dalam bentuk yang nyata: membuat purwarupa dan mulai mengujinya. Inilah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda sudah menemukan sesuatu yang menjanjikan. (Warren Berger/ap)

Hamster memang tergolong hewan dengan umur yang pendek rata-rata seekor hamster mati pada usia 2-3 tahun ,setara dengan usia 80 tahun usia kita .Tapi itu tergantung jenis dan perawatan kita.
Berikut penjelasannya:

 1. Winter White


Hamster jenis ini mempunya umur yang paling pendek berkisar antara 1,5 - 2 tahun, namun jika perawatanya jempolan maka hammie ini dapat hidup sampai usia 3,5 tahun

2. Campbell

Hampir sama dengan Winter White, Hammie umur hammie jenis ini berkisar antara 1,5-3 tahun

3. Roborovski 

Untuk masalah usia jenis ini merupakan jenis dengan umur terlama dengan rata-rata 4 - 5 tahun , yang tentunya dengan perawatan yang baik



4. Syrian

Walaupun merupakan jenis hamster yang memiliki badan paling bongsor,  namun hammie jenis ini bukan merupakan hamster dengan umur yang lama. Rata-rata umur si Syrian adalah 2,5 - 3 tahun

5. Campbell Panda 
Umur Maksimal Hamster, Kapan Hamster Mati


Termasuk jenis hamster paling jinak, umur hamster jenis ini berkisar antara 1- 3 tahun...

6. Hamster Cina


Nah yag satu ini aku kurang begitu ngerti karena lom pernah lihat, tapi di beberapa situs di tulis umur hamster ini berkisar antara 2 - 4 tahun

Catatan: Umur hamster biasanya menjadi lebih pendek bila sering Dikawinkan dan di alam liar karena faktor alam; contohnya iklim dan predator.



Kotak kayu wadah sarang burung.
Pastikan kondisi induk prima. Lakukan karantina saat burung baru datang. Cukupi segala kebutuhan mulai pakan berkualitas, juga asupan vitamin, mineral, dan unsur lain.

Periksa kesehatan burung, jika ditemukan penyakit segera atasi. Lama karantina sekitar 3 minggu. Bila tak ditemukan masalah serius dan seluruh syarat sudah terpenuhi lakukan penjodohan. Masukkan satu induk yang akan dijodohkan dalam kandang induk lain. Atau bisa pula menyatukan kedua induk dalam kandang baru. Jangan lupa untuk mengisi kandang dengan kotak sarang beserta seluruh perlengkapan lain.

Kebutuhan nutrisi saat siap kimpoi hingga masa bertelur harus benar-benar optimal. Biarkan mereka saling mengenal dan menjalani proses secara alami. Tak ada batasan waktu yang menunjukkan perjodohan berhasil. Hanya saja bila berjodoh, masing-masing induk akan “pasang aksi”. Induk jantan merayu betina dengan cara menggerakkan kepala dan menandak-nandak sambil berkicau ramai. Induk betina yang menyambut ajakan tampak menikmati suara pasangannya. Induk jantan lantas mendekati betina sambil tetap menggoyangkan kepala ke kanan dan ke kiri. Paruh betina pun berubah kehitaman dan lantas menari di depan si jantan seraya menggoyang-goyang ekor. Kemudian diteruskan dengan proses perkimpoian.

Sebaliknya, jika induk betina terus menghindar saat didekati si jantan, pertanda belum berjodoh. Para penangkar biasanya mesti sabar menunggu hingga si betina siap menerima si jantan. Batas waktu yang diberikan bisa molor 3—4 bulan.
Cara lain dengan memasukkan burung ja
ntan lain. Kehadiran tamu baru itu mengganggu penghuni lama. Akibatnya mereka menyerang bersama-sama. Tak lama, kedua pasangan berjodoh.
Kasus lain yang ditemukan, si jantan tampak begitu agresif tetapi tidak demikian dengan pasangannya. Bila dibiarkan, si betina bakal stres dan berpotensi gagal. Untuk mengatasinya, beri sekat transparan hingga induk betina timbul birahi dan siap kimpoi. Lepas sekat ketika paruh betina mulai berubah gelap.




Artikel Terkait :


Gould amadin adalah burung pemakan biji-bijian. Kebutuhan proteinnya lumayan tinggi. Karena itu pilih biji-bijian seperti jewawut, canary seed, milet putih, nigger seed. Komposisi pakan tiap penangkar berbeda. Misalnya Erwin memberikan campuran 25% jewawut, 25% canary seed, 25% millet putih, dan 10% nigger seed. Ia pun menambahkan 5% biji lobak, 5% biji sawi, 2,5% biji lamtorogung, dan 2,5% godem Peternak lain, Fajrah Hartawan memberi campuran 2 kg pakan jewawut, 2 kg milet putih, 1 kg canary seed, dan 100 g niger seed.

Tambahkan tangkringan dalam kandang
Seluruh bahan dicampur rata dan diberikan rutin. Sayuran hijau pun menyumbang nutrisi penting, seperti vitamin. Beragam sayuran bisa jadi pilihan seperti kangkung, selada, pucuk daun wortel, dan daun lobak.

Kebanyakan penangkar di Indonesia lebih memilih kangkung lantaran tahan hingga sepekan. Sayuran lain, contohnya selada hanya berumur 1 hari saja. Mereka cukup mencelupkan beberapa tangkai kangkung ke dalam botol yang telah diberi sedikit air.
Milet berwarna kecokelatan melengkapi pakan tambahan. Gantungkan malai milet itu di salah satu sisi kandang. Agar tak membawa penyakit, milet dan pakan biji-bijian lain dicuci bersih terlebih dahulu. Baru setelah itu dijemur di terik matahari, sambil sesekali dibolak-balik.

Tempatkan seluruh wadah berisi pakan dalam kandang. Perhatikan botol berisi kangkung.
Di beberapa negara, penangkar menambahkan buah dan sayuran nondaun pakan selingan. Di antaranya, apel, jeruk, jagung, brokoli, kentang, dan mentimun. Di luar pakan, penangkar memberi bahan mineral berupa grit, pasir laut, tumbukan kulit kerang, dan kulit telur.

Air perlu diganti setiap saat.
Bahan-bahan itu membantu burung mencerna bijibijian yang dimakan. Salah satu atau campuran seluruh bahan mineral itu dimasukkan dalam wadah silinder di dalam kandang. Tulang sotong berwarna putih digantungkan dalam kandang. Kandungan mineralnya baik untuk menjaga kesehatan.

Berbagai suplemen vitamin, B kompleks, C, dan D yang berguna ketika burung remaja pertama kali melewati masa rontok bulu. Frekuensi pemberiannya tergantung kebutuhan, umumnya 2 kali seminggu. Seluruh ragam pakan itu memang sebaiknya dihadirkan lengkap. Gould amadin dengan nalurinya akan menyantap atau memilih makanan sendiri.
Menyilangkan induk

Karantinakan selama 1 minggu
Sebelum menjodohkan, penangkar harus menentukan generasi warna gould amadin yang hendak dihasilkan. Sayangnya, kemungkinan warna bulu yang dimaui tak semudah perkiraan.
Artinya, warna piyik yang lahir belum tentu mirip kedua induk. Sebagai contoh, induk berpunggung biru tak menjamin bakal melahirkan piyik serupa. Itu lantaran peluang keragaman warna yang muncul demikian tinggi. Jadi jangan heran bi la piyik yang muncul dari telur malah kembali berwarna hijau.

Menurut pengalaman sejumlah peternak warna biru baru dihasilkan dari perkimpoian induk punggung hijau itu. Karena itu pengamatan dan pencatatan silsilah pasangan induk penting dilakukan penangkar.

Beberapa kunci penting perlu diketahui penangkar ialah burung jantan memiliki 2 kromosom ganda dan tunggal. Artinya gen yang diwarisi memiliki 2 kombinasi, sama dan berbeda. Sebaliknya betina hanya satu kromosom dan berfaktor tunggal. Sehingga ia mutlak mewarisi gen serupa. Warna kepala terbagi atas 3 warna asal, yaitu hitam, merah, dan kuning tua. Hitam adalah warna normal burung. Varietas dengan kepala merah bersifat dominan. Warna bulu kepala merah akan mendominasi ketika bertemu bulu kepala hitam yang resesif. Bulu kepala kuning memiliki susunan kromosom yang lebih rumit sehingga populasi terhitung amat langka.

Dominansi kepala merah ditemukan baik pada burung betina atupun jantan. Burung jantan kepala merah jantan dihasilkan dari kromosom tunggal atau ganda. Sedangkan untuk memperoleh betina kepala merah hanya dibutuhkan satu gen dari induk jantan saja. Jantan dengan kromosom tunggal kepala merah bisa memproduksi piyik betina berkepala merah dan hitam. Kepala kuning—sering tampak oranye—bersifat resesif. Tetapi ia membutuhkan kehadiran gen kepala merah. Burung dengan penampilan kepala kuning—dari 2 gen kepala kuning—yang secara genetis membawa sifat kepala hitam menghasilkan warna wajah piyik hitam. Ujung paruh pun ada kemungkinan berwarna kuning atau merah.

Warna dada terdiri atas putih, biru, ungu, dan lilac. Burung dada putih bersifat resesif. Ia merupakan mutasi dari warna ungu. Tak ada hubungan khusus antara dada putih dengan warna kepala. Artinya, dada putih bisa muncul pada 3 warna kepala burung; hitam, merah, dan kuning.
Dada warna lilac merupakan mutasi. Diduga warna lilac diwarisi dari burung dada putih. Sayangnya, pewarisan sifat dan hubungan antara kedua warna dada itu tak jelas. Ada pula anggapan dada lilac muncul lantaran mutasi dari dada ungu. Dada ungu memang tak bersifat dominant mutlak (100%). Selain itu, sulit membedakan penampilan burung jantan dada lilac dengan sang betina.

Salah satu ciri yang mungkin bisa membantu ialah munculnya warna kuning dibulu seputar perut. Warna bulu punggung gould amadin dibedakan atas biru, kuning, abu-abu, hijau, hijau tua, dan hijau muda. Punggung biru muncul dari mutasi warna lain dan bersifat resesif.

Ia menekan kehadiran punggung kuning dan warna lain. Punggung hijau merupakan warna asli gould amadin. Namun, punggung hijau bisa berubah menjadi biru, dan warna perut yang semula kuning jadi putih kusam. Bila kepalanya merah atau kuning, akan beralih warna salmon.

Normalnya, punggung hijau berubah menjadi kuning. Perubahan lain, lingkaran muka menjadi hitam dan secara genetis kepala hitam membawa sifat wajah abu-abu. Jantan yang membawa kromosom tunggal punggung kuning sangat jarang ada. Mereka tetap muncul dengan punggung hijau. Jantan dengan kromosom tunggal punggung kuning juga ada pada burung berdada putih. Jadi bisa saja jantan punggung hijau berdada putih menghasilkan punggung kuning, asalkan mengandung kromosom tunggal itu.

Untuk menghasilkan betina kuning tak serumit jantan. Ia hanya butuh 1 gen punggung kuning.

sumber : http://tipspetani.blogspot.com/

Bila proses kimpoi selesai, induk betina mulai bertelur di kotak sarang. Dalam sehari, induk betina rata-rata mengelurkan sebutir telur. Peneluran berlangsung terus hingga dihasilkan 5—7 telur. Sebenarnya potensi bertelur bisa lebih hingga 13 telur, hanya saja hasilnya sering mengecewakan. Jika penangkar menggunakan induk asuh, lakukan pemindahan telur sebelum pasangan itu mengeram. Kedua induk akan bekerjasama mengerami telurnya setelah telur terakhir keluar.

Piyik gould amadin ditandai dengan bintik putih di seputar paruh.
Pada kondisi itu sekitar perut induk tampak sedikit gundul. Itu proses alami sebagai cara agar induk bisa lebih melindungi calon piyik dan memindahkan panas tubuh. Secara bergiliran telur dierami. Saat malam tiba, induk betina terus mengeram, sedangkan burung jantan menjaga di luar sarang.

Saat pengeraman, lakukan seleksi telur dengan bantuan lampu khusus. Telur fertil ditandai dengan gumpalan darah yang tampak menerawang.

Penangkar berpengalaman bisa langsung mengenali telur fertil hanya dari warna cangkang. Begitu pula dengan penampilan telur infertil. Itu menghindari induk membuang waktu percuma lantaran mengerami telur infertil. Jika ini terjadi, cek k
an perbaikan.
Telur fertil menetas seluruhnya 2 minggu kemudian.Telur-telur itu menetas hamper berbarengan. Sosok kecil, berkulit merah muda, berbintik putih di sekeliling paruh, dan jumlah bulu amat minim, membuat gould amadin tampak ringkih. Meski begitu, “bayi” burung bernama lain rainbow finch itu masih bertahan pada hari pertama tanpa bantuan pakan dari induk. Cadangan makanan—yolk sack—memasok nutrisi hingga habis. Cadangan berbentuk kuning telur itu terletak di bagian perut. Bila makanan sementara itu habis—biasanya 24 jam pertama— barulah induk mulai melolohkan pakan kepada piyik.

Beberapa penangkar tak menyediakan makanan khusus bagi piyik. Itu semua tergantung pada keandalan induk memilih pakan. Alternatif lain adalah menyediakan pakan khusus piyik. Agar terbiasa, sebaiknya induk mulai dikenalkan makanan piyik sejak proses penetasan. Hand feeding formula itu bisa dicampurkan dalam pakan induk. Begitu piyik menetas, induk bisa langsung beradaptasi dengan memberi pakan itu.

sumber : http://tipspetani.blogspot.com/