Desainer PlayStation yaitu Teiyu Goto akan menjelaskan mengapa gambar
dan warna-warni tersebut diperlukan. Teiyu Goto adalah 'Bapak
PlayStation'. Ia adalah orang di balik sejumlah desain menawan
PlayStation, PlayStation 2, dan PlayStation 3.
Mengapa hanya bentuk dan warna yang menjadi tanda pengenalnya?
Dalam sebuah wawancara dengan majalah game Famitsu asal Jepang, "Itu
agar PlayStation tetap tampak terlihat sederhana." begitu ujarnya.
"Itu cukup sulit," katanya. "Perusahaan game lain menggunakan huruf
alfabet atau warna tombol. Kami menginginkan sesuatu yang mudah diingat.
Jadi mengapa kami menggunakan ikon atau simbol, dan saya akhirnya
membuatnya dengan kombinasi segitiga-lingkaran-X-persegi. Saya juga
memberi warna pada setiap simbol agar bermakna."
Segitiga: ini mengacu pada sudut pandang, seperti sebuah panah penunjuk arah, dan warnanya adalah hijau.
Persegi: mengacu pada selembar kertas, membuatnya seperti mewakili menu
atau dokumen. Itu mengapa warnanya lebih menonjol yaitu pink.
Lingkaran dan X: bermakna 'ya' atau 'tidak'. Ini digunakan untuk
pengambilan keputusan, dan diwarnai merah untuk lingkaran dan biru untuk
X.
"Pasti banyak yang berpikiran kenapa O dan X memiliki makna sebaliknya,
seperti pada game-game buatan Eropa/Amerika, itu sebenarnya karena
perbedaan kebudayaan saja. Di Jepang, lingkaran berarti 'ya', dan X
berarti tidak ada." begitu tambahnya. (eoc)
Post a Comment
Post a Comment